ayuardina.com Ulasan Bermodal ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Melangkah Menjadi Auditor Andalan

Bermodal ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Melangkah Menjadi Auditor Andalan

Kombinasi Gambar ASUS Expert B7 Flip (B7402) -Sumber Gambar: channel.asus.com

Bekerja sebagai seorang auditor membuatku terbiasa bekerja dengan mobilitas yang cukup padat. Seperti auditor bidang keuangan pada umumnya, tugasku adalah melakukan audit atas laporan keuangan perusahaan yang menjadi klien di Kantor Akuntan Publik (KAP), tempatku bekerja. Lokasi perusahaan klien satu dengan lainnya berbeda-beda, menyebar di berbagai kabupaten, bahkan berbeda provinsi. Mobilitas terpadat berpindah dari satu klien ke klien lainnya terjadi di akhir tahun hingga bulan April tahun berikutnya. Kepadatan tersebut, tidak terlepas dari kewajiban perusahaan untuk melaporkan kewajiban perpajakannya yang berbatas maksimal di akhir April. Laporan hasil audit menjadi dasar perusahaan melaporkan kewajiban perpajakannya. Oleh karena itu, pekerjaan untuk melakukan audit turut menumpuk pada waktu-waktu tersebut.

Drama pekerjaan biasanya muncul di tengah padatnya mobilitas itu. Beberapa klien seringkali menghubungiku ketika aku sedang berada dalam kereta, mobil, bahkan bus. Tujuannya beragam, ada yang sekadar menanyakan perkembangan laporan hasil audit, namun ada pula yang meminta data-data untuk dikirim saat itu juga. Ditambah lagi supervisor kantor meminta dikirimkan hasil revisi laporan. Kondisi itu membuat perjalanan terasa rumit karena mengharuskanku membuka laptop dan mempersiapkan koneksi dari handphone, MiFi ataupun modem. Ketika terpaksa menyalurkan koneksi handphone ke laptop, daya baterai pada handphone ikut terkuras. Performa laptop juga tidak selalu dalam kondisi terbaiknya, dikarenakan baterai hampir habis atau laptop yang tiba-tiba hang ketika dipaksa memproses banyak data secara bersamaan. Kejadian itu terkadang memicu stress dan suasana hati menjadi ambyar yang justru membuat kinerja tidak produktif.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)-Sumber Gambar: channel.asus.com

Problematika itu seolah menemukan solusinya ketika ASUS meluncurkan Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Laptop dengan desain stylish dan spesifikasi mumpuni untuk orang dengan tipe pekerjaan seperti aku. Hadirnya laptop ini memberi harapan untuk dapat bekerja lebih sat set sat set dan tanpa ribet masalah koneksi internet. Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Spesifikasi yang diusung mendukung untuk kerja cepat dan berkualitas meskipun di tengah mobilitas yang padat. Selain itu, terdapat slot SIM yang kompatibel untuk jaringan 5G dan memungkinkan laptop langsung terkoneksi tanpa perlu ribet pasang modem, MiFi atau menyiapkan handphone untuk hotspot tethetring saat tidak ada sinyal WiFi. Bukan hanya dari sisi koneksi, beragam spesifikasi dalam ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) membuatnya layak dipertimbangkan sebagai laptop pilihan untuk menunjang berbagai aktivitas, terutama bagi profesi dengan mobilitas padat.

Konektivitas, Produktivitas, dan Fleksibilitas Tanpa Batas

Spesifikasi pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dirancang secara khusus untuk mendukung produktivitas meskipun di tengah mobilitas yang padat. Mulai dari kemudahan memperoleh koneksi internet, layar yang convertible, fitur keyboard yang komplit, hingga faktor keamanan dan kesehatan yang diusung dalam laptop ini.

Koneksi 5G dan WiFi 6

Keunggulan dari ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah dukungan konektivitas 5G yang terintegrasi di dalamnya. Fitur tersebut difasilitasi melalui ketersediaan slot kartu SIM seperti pada handphone yang memungkinkan laptop untuk langsung terhubung melalui jaringan seluler tanpa tambahan perangkat apapun. Fitur tersebut dapat pula diartikan sebagai modem yang terintegrasi dalam laptop. Di lokasi yang minim WiFi, pengguna ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) tetap dapat terkoneksi internet dengan memanfaatkan jaringan seluler.

Penjelasan Detail tentang Koneksi 5G pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)-Sumber Gambar: channel.asus.com

Dibekali slot kartu SIM yang terintegrasi dan mampu menjangkau konektivitas 5G, bukan berarti tidak dapat lagi memanfaatkan WiFi. Laptop ini justru semakin terdepan dengan teknologi WiFi 6 yang disematkan. WiFi 6 dapat menjangkau jaringan WiFi sejauh 225 meter. Pengguna diberi fleksibilitas memilih menggunakan jaringan WiFi atau selular ketika membutuhkan koneksi internet. Perbekalan fitur konektivitas dari ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sangat menunjang produktivitas. Tiba-tiba ada panggilan atau chat dari klien atau supervisor untuk mengirim data maupun laporan bukan lagi masalah. Cukup dengan menyalakan laptop tanpa peduli ada WiFi atau tidak, data bisa langsung dikirim. Selain slot SIM yang menjangkau koneksi 5G dan teknologi WiFi 6, laptop ini dilengkapi dengan Bluetooth 5.2 yang turut memudahkan proses transfer data yang memfasilitasi penggunanya agar semakin produktif.

Dukungan Layar ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Maksimalkan Produktivitas

Selain dari fitur konektivitas, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) siap mendukung produkttivitas melalui layarnya. Laptop ini menggunakan ErgoLift hinge atau engsel ErgoLift yang membuat engsel berfungsi sebagai kaki laptop ketika layar dibuka, sehingga dasar laptop tidak semuanya menyentuh alas. Posisi tersebut memberi kenyamanan saat mengetik karena layar membuka lebih lebar sehingga pengguna tidak perlu menunduk ketika mengetik. Penggunan engsel ErgoLift juga memungkinkan aliran udara dari dalam laptop lebih lancar karena ada rongga yang tersisa ketika laptop diletakkan.

Layar laptop dapat diputar 360° sehingga laptop dapat dijadikan beberapa model pemakaian. Pertama, perangkat ini dapat dijadikan model laptop pada umumnya yang memungkinkan keyboard untuk mengetik. Kedua adalah tent dengan posisi mirip seperti tenda, letak keyboard berada di belakang layar dengan rongga di antara keduanya. Ketiga adalah model yang membuat posisi keyboard menghadap ke bawah dan layar menghadap ke depan seperti penggunaan laptop umumnya.

Berbagai Model Penggunaan Asus ExpertBook B7 Flip (B7402)-Sumber Gambar: channel.asus.com

Model kedua dan ketiga sangat cocok digunakan ketika melakukan presentasi kecil di hadapan 2 atau 3 orang. Misalnya saja ketika berdiskusi di kafe atau ruangan kecil, kedua model penggunaan tersebut dapat dimanfaatkan. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dapat digunakan pada posisi terlentang 180° dengan letak keyboard sejajar dengan layar. Posisi tersebut dapat dimanfaatkan ketika berdiskusi dengan posisi melingkar, sehingga semua dapat menyimak materi yang disajikan. Terakhir adalah mode tablet dengan memutar layar sebesar 360° dan membuatnya berfungsi seperti tablet.

Mode Laptop vs Mode Tent-Sumber Gambar: channel.asus.com

Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat difungsikan selayaknya tablet karena memiliki layar convertible yang mendukung untuk touchscreen (layar sentuh). Laptop ini juga mendukung penggunaan stylus pen yang memudahkan penggunaan laptop tanpa menyetuh keyboard. Selain itu, stylus pen juga dapat dimanfaatkan ketika ada dokumen elektonik yang butuh tanda tangan, atau digunakan untuk coret-coret ketika presentasi.

Perbandingan Rasio Layar 16: 9 dan 16: 10-Sumber Gambar: asus.com

Ukuran layar pada ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) adalah 14 inci. Berbeda dengan laptop pada umumnya yang memiliki rasio 16:9 pada layarnya, laptop ini memiliki rasio 16:10. Tentunya rasio tersebut menghasilkan area pandang yang lebih luas sehingga lebih nyaman ketika membaca artikel, mencari informasi melalui website, atau jenis kegiatan lainnya. Secara pribadi, rasio layar yang lebih lebar membuatku nyaman ketika bekerja menggunakan spreadsheet. Hal tersebut mampu meminimalkan error ketika sedang memasukkan angka dalam lembar kerja di spreadsheet. Secara tidak langsung, rasio layar yang lebar membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Keyboard dan Numeric Keypad

Keyboard merupakan bagian tak terpisahkan pada sebuah laptop. Bagian ini sekaligus menjadi penunjang produktivitas ketika bekerja. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki keyboard dengan key travel sejauh 1,5 mm. Desain tersebut mirip seperti digunakan pada PC Desktop, tentunya sangat ideal dan nyaman untuk mengetik. Laptop ini memiliki spill-resistant keyboard yang mampu menahan cairan yang tumpah ke keyboard hingga 78 cc. Apabila terkena sedikit cairan dapat dikeringkan dan dibersihkan.

Bagi sebagian orang, adanya numpad atau numeric keypad pada keyboard adalah sangat berperan penting dalam pekerjaannya sehari-hari. Termasuk bagiku yang tidak terlepas dari angka-angka dalam bekerja. Pada laptop berukuran 14 inci atau di bawahnya jarang sekali ada numpad, tentu karena keterbatasan ruang. Namun, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) menghadirkan numpad dalam versi berbeda.

Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki numpad pada touchpad-nya. Fitur tersebut bernama ASUS NumberPad. Penggunaannya dilakukan dengan cara menekan tombol “NumberPad” pada kanan atas touchpad. Kemudian, akan muncul numeric keypad dengan lampu LED bercahaya yang bisa digunakan untuk proses input angka. Meskipun dalam kondisi numpad diaktifkan, kursor masih tetap dapat dikontrol.

Hotkey dan ASUS NumberPad-Sumber Gambar: channel.asus.com

Keyboard pada laptop ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ASUS ExpertWidget yang dapat meningkatkan produktivitas. Pengguna dapat menggunakan hotkey sendiri dengan menekan tombol Fn dan angka 1 sampai 4. Sebagai contohnya hotkey dapat diatur untuk mengaktifkan bluetooth atau dapat pula digunakan untuk membuka folder yang paling sering dibuka.  Fitur-fitur pada keyboard bermanfaat dan mampu mengakomodir kebutuhan penggunanya untuk meningkatkan produktivitas.

Fitur Memadai untuk Kegiatan Video Conference

Pandemi Covid-19 menyisakan sebuah kebiasaan berbasis digital yaitu penggunaan aplikasi untuk video conference. Meskipun pandemi sudah melandai dan masyarakat sudah bebas beraktivitas kembali, penggunaan kegiatan berbasis video conference masih banyak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti workshop, seminar, diskusi, termasuk acara rapat kantor. Video conference masih tetap dimanfaatkan karena efektif dan efisien dari sisi waktu dan tempat.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) telah dilengkapi teknologi Two Way AI-Noise Cancelinguntuk meredam suara bising di sekitar kita. Fitur ini sangat berguna ketika sedang melakukan video conference saat berada di kafe, lokasi proyek, atau lokasi keramaian lainnya. Suara berisik di sekitar kita dapat diredam sehingga tidak ikut masuk saat video conference berlangsung. Hadirnya fitur ini sekaligus memfasilitasi tren work from anywhere yang sedang marak saat ini.

Penggunaan ASUS ExpertBook B7 Flip untuk Video Conference-Sumber Gambar: channel.asus.com

Dukungan lain yang tidak kalah penting saat melakukan video conference adalah kualitas speaker. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki dual stereo speaker pada bagian bawah. Speaker tersebut telah tersertifikasi oleh Harman Kardon sehingga suara yang terdengar sangat jernih seperti saat menonton di bioskop. Demikian pula dual microphone yang terletak di bagian bezel atas layar.

Kamera pada laptop ini juga sangat menunjang untuk kegiatan video conference. Kualitas kamera yang digunakan tidak ala kadarnya karena sudah menggunakan lensa Facing 13 MP HD Camera 720 p. Kamera tersebut juga memiliki sensor 3D-Noise Reduction (3DNR) yang memberikan fokus saat dinyalakan.

Paket Komplit Port Konektivitas

Konektivitas tidak hanya tentang kemampuan laptop dalam menjangkau jaringan internet, tetapi juga ketersediaan port untuk proses input dan output dengan perangkat lain. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) menyediakan 11 port untuk mendukung berbagai konektivitas. Pertama adalah 1 port nano-SIM yang digunakan untuk memasukkan kartu SIM agar konektivitas 5G dapat diaktifkan. Selanjutnya terdapat 1 port yang befungsi sebagai smart card reader.

Laptop memiliki 2 port Thunderbolt™ 4 USB-C® yang mendukung kecepatan transfer hingga 40 Gbps, dan tampilan 4K yang cepat. Selain itu Thunderbolt™ 4 USB-C® juga digunakan sebagai port pengisian daya yang prosesnya juga cepat. Kemudian, laptop ini juga dilengkapi dengan HDMI 2.0, Micro HDMI dan Mini DP. Port HDMI 2.0 biasanya digunakan untuk mengubungkan laptop dengan perangkat lain seperti LCD proyektor, monitor, dan perangkat lainnya. Port ini sangat membantu ketika digunakan untuk presentasi dengan jumlah audience banyak dan butuh tambahan monitor.

Port atau Slot di ASUS ExpertBook B7 Flip-Sumber Gambar: asus.com

Laptop ini juga dibekali dengan 2 port USB 3.2 Gen 2 yang juga berfungsi untuk proses transfer data. Kecepatan transfernya sekitar 20 Gbps. Selanjutnya adalah port Audio Jack yang berfungsi untuk memasang headset, external speaker, dan sejenisnya yang memiliki fungsi audio. Terakhir adalah port Kensington Lock yang digunakan untuk menambah keamanan laptop. Keningston lock ibarat sebuah tempat yang disediakan untuk menggembok laptop agar laptop aman dari pencurian ketika berada di tempat yang minim pengawasan. Itulah sebelah port atau slot yang ada di ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). 

Kesehatan, Keamanan, dan Kenyamanan Saat Bekerja

Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) tidak mengabaikan kesehatan para penggunanya. Laptop ini memiliki sertifikasi Low Blue Light dan anti flicker dari TUV Reinland. Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa laptop ini memiliki radiasi blue light (sinar biru) yang relatif rendah daripada laptop pada umumnya. Kesehatan mata lebih terjaga karena pancaran blue light pada spektrum tertentu dapat menganggu kesehatan mata. Keuntungan lainnya adalah mata lebih nyaman ketika berlama-lama di depan laptop.

Keamanan data merupakan aspek penting ketika menggunakan sebuah perangkat. ASUS mengusung enterprise grade security yang memberikan keamanan berlapis untuk melindungi informasi bisnis dan data pribadi. Laptop ini didukung beberapa fitur dan teknologi yang berfungsi memberikan proteksi keamanan. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dilengkapi dengan Trusted Platform Module (TMP) 2.0 yang dapat merupakan chip untuk menyimpan password dan kunci enkripsi supaya terjamin keamanannya. Laptop ini juga dilengkapi dengan Webcam Shield yang berfungsi menjaga privasi pengguna saat tidak menggunakan webcam. Harapannya, informasi pribadi maupun pekerjaan terlindungi dari pengintaian.

Teknologi Face Recognition-Sumber Gambar: channel.asus.com

Aspek keamanan lainnya juga dapat memanfaatkan kamera webcam yang dapat menjalankan fungsi inframerah.  Melalui fungsi tersebut, pengguna dapat melakukan login pada Windows Hello menggunakan sistem deteksi wajah. Penggunaan Windows Hello juga merupakan cara aman untuk login pada perangkat yang menggunakan Windows 11. Laptop ini juga dilengkapi dengan perlindungan biometrik internal dengan sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang terintegrasi dengan tombol power. Fitur ASUS Private View juga memberi keamanan ketika berada di tempat umum karena ketika fitur tersebut diaktifkan, sudut pandang jadi terbatas sehingga lebih aman dari pandangan orang lain.

User Status Indicator Light-Sumber Gambar: asus.com

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga mengakomodir penggunanya melalui fitur yang memberikan kenyamanan saat bekerja. Ketika sedang fokus bekerja dan tidak ingin diganggu, maka kita dapat menekan Fn+1 yang membuat User Status Indicator Light menyala. Lampu berada dipojok atas cover layar laptop. Lampu menyala menjadi sebuah indikator bahwa kita sedang sibuk melakukan pekerjaan dan tidak dapat diganggu. Tetapi, dipastikan terlebih dulu bahwa rekan kita memahami makna indikator tersebut.

Kenyamanan juga diperoleh dari durabilitas baterai yang mencapai 12 jam. Pengguna ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) tidak perlu bingung ketika bepergian tetapi lupa membawa charger. Durabilitas tersebut lebih dari standar orang bekerja seharian, karena pada umumnya jam kerja normal adalah 8 jam.

Performa Kencang Penunjang Beragam Aktivitas

Bahasan tentang laptop kurang lengkap tanpa pembahasan mengenai performa laptop yang sumbernya berasal dari prosesor serta dukungan kapasitas memori. Laptop bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Dipacu oleh Intel® Core™ generasi ke-11 memungkinkan pengguna laptop ini mengerjakan banyak hal (multitasking) pada waktu yang sama dengan hasil yang lebih banyak. Proses pekerjaan lebih mudah karena prosesor tersebut sangat mumpuni untuk bekerja cepat. Akselerasinya dengan Intel® Iris® Xᵉ graphics juga mendukung pekerjaan semakin responsif.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) memiliki memori DDR4 3200 MHz berkapasitas 16 GB dan masih dapat di-upgrade. Laptop ini juga didukung media penyimpanan SSD PCIe 3.0 hingga mencapai ukuran Tera Byte, sehingga dapat melakukan penyimpanan tanpa menunggu. Kombinasi antara prosesor, kapasitas memori, dan media penyimpanan membuat performa laptop ini semakin gesit.

Laptop ini sudah dilengkapi dengan Advanced Hybrid Cooling System (AHCS). Sistem pendingin tersebut diklaim mampu menyerap panas lebih cepat. Selain itu juga mampu meningkatkan kinerja laptop hingga 55%. Hadirnya sistem pendingin juga mampu mencegah laptop dari overheating dan perlambatan saat laptop digunakan. Hal-hal lebih detail mengenai ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dapat dilihat melalui tabel spesifikasi produk berikut ini:

Main Spec.ExpertBook B7 Flip (B7402)
CPUIntel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.5 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz, 4 cores) Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz, 4 cores)
Operating SystemWindows 11 Home – ASUS recommends Windows 11 Pro for business Windows 11 Pro – ASUS recommends Windows 11 Pro for business Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business Windows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 Pro for business Free Upgrade to Windows 11¹
Memory16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:64GB
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
DisplayTouch screen, 14.0-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Integrated privacy screen, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 500nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:81 %
GraphicsIntel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
Input/Output2x USB 3.2 Gen 2 Type-A 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery 1x mini Display Port 1x HDMI 2.0b 1x micro HDMI (RJ45 lan) 1x 3.5mm Combo Audio Jack SIM card slot Smart card reader
Camera720p HD camera with IR function to support Windows Hello With privacy shutter
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
AudioAudio by DTS Smart Amp Technology Built-in speaker Built-in array microphone harman/kardon (Premium) with Cortana support
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm (12.60″ x 9.22″ x 0.71″ ~ 0.74″)
Weight1.44 kg (3.17 lbs)
ColorsBlack
Tabel Spesifikasi Produk (sumber: asus.com)

Sekilas melalui ulasan fitur dan ringkasan spesikasi tentang ASUS Expertbook B7 Flip (B7402) telah memberikan gambaran bagaimana performa dan manfaat laptop ini. Laptop ini memang tampak mengikuti tren gaya bekerja saat ini. Kerja dimana pun dapat produktif menggunakan ASUS Expertbook B7 Flip (B7402) yang ramah untuk bermobilitas.

Ketangguhan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Ramah untuk Bermobilitas

Profesionalitas tentu harus diupayakan dalam pekerjaan apapun. Melihat dari desain dan spesifikasinya, ASUS Expertbook B7 Flip (B7402) dapat menjadi senjata andalan untuk menjaga profesionalitas di tengah mobilitas. Laptop ini memiliki desain yang ringan dan ringkas. Ketebalan body laptop sekitar 1,8 cm dengan berat sekitar 1,44 kg sehingga tidak berat dan menghabiskan banyak ruang ketika dibawa bepergian.

Ringan dan tipis bukan berarti rapuh. Meskipun ukurannya tipis, ketangguhan ASUS Expertbook B7 Flip (B7402) telah lulus sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Serangkaian proses pengujian dilakukan untuk memastikan ketangguhan dan daya tahannya. Ketahanan engsel diuji melalui hinge test dengan cara membuka dan menutup laptop mencapai 30.000 kali. Durabilitas port yang tersedia pada laptop juga telah teruji melalui proses memasang dan melepas pada port sebanyak 15.000 kali. Beban seberat 28 kg telah diletakkan pada bagian atas dan bawah laptop tanpa adanya kerusakan panel LCD ketika dilakukan panel pressure test.

Belum cukup dengan tiga pengujian tersebut, masih terdapat tujuh pengujian lainnya yang dilalui ASUS Expertbook B7 Flip (B7402). Ketahanan keyboard telah teruji melalui keyboard durability test dengan melakukan penekanan pada keyboard mencapai 10 juta kali penekanan. Fisik laptop juga telah teruji ketahanannya melalui uji goncangan (shock test), uji jatuh dari ketinggian (drop test), serta uji getaran (vibration test). Proses drop test dilakukan dengan cukup ekstrem yaitu menjatuhkan laptop dari ketinggian 120 cm dalam keadaan on (menyala). Tujuannya adalah mengantisipasi akibat fatal kejadian umum pada laptop, tepatnya ketika laptop terjatuh dari meja.

Daftar Pengujian Ketangguhan Berstandar US Military Grade-Sumber Gambar: asus.com

Laptop ini mampu memberikan toleransi kelembapan sebesar 95% pada kisaran suhu 30°-60°C. Selain itu juga mampu bertahan dalam rendahnya temperatur yang berkisar antara –37° sampai dengan –46°C dan temperatur tinggi antara 32° hingga 49°C selama 3×24 jam dengan kondisi menyala. Kondisi tersebut telah diuji melalui humadity dan temperature test. Terakhir adalah altitude test yang bertujuan menguji performa laptop pada ketinggian. Hasilnya, laptop ini mampu beroprasi secara norma pada ketinggian mencapai 15.000 kaki.

Lolos pada serangkaian pengujian tersebut menunjukkan betapa tangguhnya ASUS Expertbook B7 Flip (B7402). Hal ini tidak terlepas dari rancangan body laptop yang menggunakan bahan magnesium allumunium yang tangguh namun memiliki bobot yang ringan. Aspek mengenai ketangguhan memang perlu ditekankan karena laptop ini memang didesain untuk bermobilitas. Laptop rentan rusak akibat benturan, goncangan, dan tekanan ketika dibawa bepergian. Kini, tidak perlu khawatir mengenai risiko tersebut karena ada ASUS Expertbook B7 Flip (B7402) yang terbukti tangguh sehingga sangat layak dijadikan perangkat andalan saat bermobilitas.

Menjadi Profesional Andalan Bermodal Perangkat Andalan

Menjadi seseorang yang dapat diandalkan adalah wujud sikap profesional dalam bekerja. Sebagai seorang auditor, aku pun ingin menjadi auditor yang dapat diandalkan agar tidak mengecewakan semua pihak yang berkepentingan atas pekerjaanku. Salah satu caranya adalah menggunakan laptop bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Laptop yang spesifikasinya ramah ketika bermobilitas. Memiliki kecepatan dan koneksi yang mumpuni, serta keamanan yang terproteksi.  Perangkat yang benar-benar menunjang produktivitas dalam beraktivitas.

Referensi

Asus. 2022. “ASUS ExpertBook B7 Flip: Work unbounded, with 5G Conectivity.” Diakses melalui https://www.asus.com/uk/Laptops/For-Work/ExpertBook/Expertbook-B7-Flip-B7402F-11th-Gen-Intel/ pada 27 Juni 2022 pukul 13.05 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post